Selasa, 20 Oktober 2009

RESUME PERKULIAHAN IV

Perencanaan Peserta Didik

Perencanaan adalah persiapan menyusun suatu keputusan berupa langkah-langkah penyelesaian suatu masalah atau pelaksanaan suatu pekerjaan yang terarah pada pencapaian tujuan tertentu. Perencanaan adalah proses yang akan kita lakukan di waktu yang akan datang dengan memilih berbagai alternatif yang terbaik diantara beberapa alternatif yang ada. Disusun secara sistematis menggunakan langkah-langkah dan prinsip-prinsip tertentu demi pencapaian tujuan dengan efektif dan efisien. Sementara itu perencanaan peserta didik merupakan penentuan urutan tindakan, prakiraaan biaya, penggunaan waktu untuk mengelola peserta didik yang di dasarkan atas data dengan memperhatikan prioritas yang wajar, bersifat efisien untuk tercapainya tujuan pendidikan.

Perencanaan meliputi beberapa aspek yaitu, menentukan arah dan tujuan yang akan dicapai,menentukan apa yang akan kita kerjakan, menetapkan jangka waktu yang diperlukan lalu kapan mengerjakannya, menentukan metode dan cara untuk mencapai tujuan, dan siapakah yang di pertanggung jawabkan untuk mengerjakannya.

Di dalam suatu organisasi pelaksanaan rencana yang telah di tetapkan harus mengikutsertakan orang yang akan melaksanakannya agar perencanaan dilakukan secara maksimal.


Perencanaan pendidikan tentu mempunyai berbagai aspek atau muatan yang akan di rancang yaitu strategi, kebijakan, program, prosedur, metode, system, anggaran, dan standar yang di butuhkan. Strategi adalah suatu siasat atau langkah yang penuh pertimbangan terhadap beberapa aspek agar dapat mencapai tujuan dengan efektif dan efisien. Lalu kebijakan, terdapat peraturan-peraturan tertentu yang di buat oleh suatu organisasi untuk dapat mengatur segala kegiatan agar kegiatan tersebut berjalan sesuai koridornya. Kemudian program, dalam proses perencanaan sudah seharusnya suatu organisasi melakukan planning terhadap program-program atau kegiatan-kegiatan yang akan di kerjakan oleh organisasi tersebut dalam suatu kurun waktu yang disepakati secara berkelanjutan. Perencanaan selanjutnya adalah prosedur yang harus dirancang agar dalam setiap pekerjaan terselesaikan dengan tahap-tahap yang benar dan berurutan sehingga tujuan bias tercapai dengan efektif.

Metode pun harus masuk dalam daftar perencanaan sebagai suatu proses melakukan pekerjaan sebagai rangkaian kegiatan pencapaian tujuan yang telah dirumuskan. Cara bekerja itu harus merupakan cara yang paling baik, paling efekti dan cara yang risikonya paling kecil. Selanjutnya adalah system, system adalah suatu kumpulan beberapa komponen yang saling berkaitan atau berhubungan untuk mencapai satu tujuan. Jadi untuk mencapai suatu tujuan organisasi secara efektif dan efisien dibutuhkan system yang baik dan terencana pula.Berikutnya adalah perencanaan anggaran, ini sangat penting karena menyangkut dana yang di butuhkan organisasi untuk melakukan berbagai kegiatan dan program-program yang sudah di tentukan. Anggaran di hitung berdasarkan pemasukan dan pengeluaran organisasi yang harus di perhitungkan sejak dini agar tidak terhambatnya kegiatan hanya karena dana yang kurang sehingga tujuan pun tidak tercapai ecara efisien. Aspek perencanaan yang terakhir adalah standar yang di butuhkan oleh organisasi. Mengapa di butuhkan standar, karena itu akan memotivasi kita atau organisasi untuk mencapainya secara optimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar