Rabu, 06 Januari 2010

Resume Perkuliahan MPD Pertemuan Ke-15

Kepemimpinan Siswa

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa / LDKS adalah pelatihan dasar tentang kepemimpian untuk mengemabngkan kemampuan siswa dalam kepemimpinan. LDKS ini biasanya ada di sekolah dan diadakan oleh organisasi-organisasi siswa disekolah contohnya, Pengurus OSIS lama kepada calon Pengurus OSIS baru, baik untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama maupun Sekolah Menengah Atas (untuk LDK tingkat sekolah menengah). Tujuannya ada pelatihan kepemimpinan untuk siswa ini yaitu mengali potensi siswa dalam bidang kepemimpinan. LDKS biasanya diberikan dalam 2 bagian yaitu LDK Fisik dan LDK Mental. Pemberian materi dari kedua jenis LDK ini biasanya diberikan di waktu dan tempat yang berbeda.
1. LDK Fisik
LDK Fisik biasanya diberikan di sekolah dalam waktu 3-5 Hari penuh, sedangkan LDK Mental biasanya diberikan di luar kota dalam waktu 2-4 hari. Untuk LDK Fisik pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk PBB / Pelatihan Baris Berbaris. Dalam LDK Fisik ini peserta dituntut untuk memiliki kedisiplinan yang tinggi, terlebih selama mengikuti 3-5 hari LDK.
Beberapa peraturan yang pada umumnya diterapkan dalam LDK ialah :
•Selama pelaksanaan LDK, peserta harus hadir di tempat LDK tepat waktu,
•Kebersamaan ialah hal yang amat diperhatikan selama pelaksanaan LDK. Jika ada 1 peserta saja yang tidak membawa air minum, saputangan, topi, ataupun atribut-atribut lainnya yang telah ditetapkan, maka seluruh pesertalah yang akan menanggung hukumannya,
•Setiap peserta wajib mematuhi seluruh peraturan dan perintah yang diberikan oleh tim pemberi LDK. Jika tidak, maka kepadanya akan diberikan hukuman, dan
•Kebersamaan juga diterapkan apabila ada salah satu peserta LDK yang melakukan kesalahan
Hukuman dalam LDK Fisik biasanya berupa push-up untuk pria atau scott jump untuk wanita. Jumlahnya tergantung perintah dari pemberi LDK.

2. LDK Mental
Untuk LDK Mental, yang menjadi pemberi materi bukanlah lagi para Pengurus OSIS lama melainkan Dewan Guru, Pembina OSIS, Kepala Sekolah serta Guru Psikologi dan Konseling dari sekolah yang bersangkutan, atau bisa juga dengan cara menyewa dari suatu Lembaga Psikologi Independen. Untuk LDK Mental pada umumnya, materi yang diberikan secara garis besar ialah dalam bentuk Penyuluhan Mental Kepemimpinan. Kegiatan yang biasa dilakukan dalam LDK Mental adalah :
Outbond / Kegiatan Alam, seperti :
•Hiking
•Menyebrangi sungai
•Mendaki bukit
•Menyusuri terasering / pematang sawah
Isi dari pelatihan kepemimpinan itu meliputi mengenai karakter pemimpin yang benar. Memberikan teori-teori dari beberapa pendapat ahli tentang kepemimpinan. Memaparkan secara rinci serta penerapan di kehidupan nyata sehingga siswa memahami dengan konkrit apa itu kepemimpinan. lalu mengenai cara-cara berkomunikasi yang benar sebagai layaknya seorang pemimpin. Dan mengenai cara-cara seorang pemimpin memecahkan masalah secara efektif dan benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar