Rabu, 06 Januari 2010

Resume Perkuliahan MPD Pertemuan Ke-16

Program Pendidikan Layanan anak cerdas isimewa berbakat istimewa

Anak gifted ini diartikan sebagai anak yang memiliki kecerdasan yang lebih daripada seperti anak normal lainnya. Ciri-ciri anak gifted meliputi :
- perkembangan bahasanya lebih cepat dan baik
- suka mencari tahu jawaban dari "bagaimana" dan "mengapa" tentang sesuatu hal,
- mampu bekerja mandiri sejak kecil dan melakukan pemusatan perhatian dalam jangka panjang,
- mempunyai minat yang luas,
- bervariasi dan mendalam,
- mempunyai energi yang tinggiberhubungan dan
- berespon baik terhadap orangtua, guru, dan orang dewasa
- Suka berteman dengan anak yang berusia di atasnya,
- suka mempelajari sesuatu yang baru dan mengerjakan tugas-tugas dengan baik dan efisien.
Layanan Pendidikan untuk anak Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa diantaranya adalah program akselarasi. Maksud dari Program akselarasi adalah Program Pendidikan percepatan belajar yang diberikan kepada anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa. Dan tujuan dari program akselarasi ini, yaitu sebagai berikut :
- Memberi kesempatan kepada siswa yang memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk menyelesaikan program studi lebih cepat,
- Memenuhi kebutuhan peserta didik yang memiliki karakteristik spesifik dari segi perkembangan kognitif dan afektif,
- Memenuhi Hak Azasi manusia peserta didik yag sesuai dengan kebutuhan pendidikan bagi dirinya sendiri,
- Memenuhi minat intelektual dan perspektif masa depan peserta didik, Memenuhi kebutuhan aktualisasi diri peserta didik,
- Menimbang peran serta peserta didik sebagai aset masyarakat dan kebutuhan masyarakat untuk pengisian peran, dan menyiapkan peserta didik sebagai pemimpin masa depan.


Program akselarasi di sekolah ini menimbulkan komentar positif dan negatif dari berbagai pandangan setiap orang. Pandangan negatif nya adalah Akselerasi terkesan eksklusif karena anak cerdas istimewa di kelompokkan dalam kelas khusus, proses pembelajaran yang cenderung bersifat homogen dari aspek kemampuannya akan membuat anak sulit bersosialisasi dengan teman sebaya mereka dan akan mengganggu proses perkembangan emosional dan psikologis, Tidak ada “Transfer of Knowledge” dari anak cerdas istimewa kepada teman lainnya sebagai salah satu media dan bentuk sosialisasi di sekolah, dan bisa menimbulkan rasa rendah diri, inferior atau “teralienasi” teman-teman lainnya yang tidak termasuk kategori cerdas istimewa. Dan, masalah yang timbul tentang program ini adalah kesalah pahaman tentang persepsi masyarakat. Masyarakat berpikir bahwa program akselerasi membutuhkan dana yang lebih sehingga orang Tua yang kaya harus mengeluarkan dana yang banyak untuk progam akselerasi. Hal itu mengakibatkan pemahaman masyarakat seperti itu. Program ini pun diistimewakan sehinga menimbulkan kesenjangan antara murid dan guru Karena program ini memberikan fasilitas dan sarana prasarana yang lebih baik dari program biasa.

Sedangkan pandangan positif dari program akselarasi ini adalah akselerasi telah menjadi program nyata bagi pelayanan anak cerdas istimewa yang selama ini terabaikan, guru sebagai ujung tombak proses pendidikan di sekolah akan lebih fokus dan memiliki peluang untuk secara mandiri dan kreatif mengembangkan metode yang fleksibel disesuaikan dengan situasi dan kondisi anak pada saat pembelajaran, penanganan siswa cerdas istimewa tidak dapat dilakukan oleh guru yang belum memahami karakteristik, masalah dan metode pembelajaran siswa cerdas istimewa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar